Ancaman Ideologi Transnasional Terhadap Generasi Penerus Dalam Perspektif Pancasila dan Ke Islaman.

Ancaman Ideologi Transnasional Terhadap Generasi Penerus Dalam Perspektif Pancasila dan Ke Islaman.
Rahmat Hidyat, SH/Ketum HMI Cab Tembilahan

Ancaman Ideologi Transnasional Terhadap Generasi Penerus Dalam Perspektif Pancasila dan Ke Islaman.

Ideologi berasal dari kata ideas yang berarti gagasan atau konsep. dan logos berarti ilmu. pengertian ideologi secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan, kepercayaaan yang menyeluruh dan sistematis dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan.

Menurut A. Destult de Tracy Ideologi adalah bagian dari filsafat yang merupakan ilmu dan mendasar ilmu ilmu lain seperti pendidikan, etika, politik dan sebagainya. 

ideologi transnasional dalam persfektif pancasila dan keislaman, ideologi transnasional merujuk kepada pergerakan ideologi global yang melintasi batas batas antar negara dan bangsa, ideologi itu bukan hanya sebuah dakwah atau kampanye keyakinan melainkan juga gerakan politik untuk mempengaruhi sebuah kebijakan politik suatu negara.

berbicara tentang ideologi transnasional haruslah berhati hati sebab jika tidak maka Islam juga disebut sebagai ideologi transnasional yang dianggap merusak negara yang tidak mayoritas penduduk muslim. harus diakui bahwa gerakan politik transnasional membuat NKRI Menjadi tempat main bola pihak asing yang menghasilkan konflik lintas agama interens Islam dan separatisme di Indonesia gerakan politik semacam ini telah menurunkan kredibilitas NKRI dalam menjaga kedaulatan dan perlindungan rakyat. 

Ideologi transnasional versus pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diaangkat untuk memperjelas pandangan bahwa negara harus mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan suatu negara. Ideologi transnasional di ibaratkan sebilah pedang yang akan merobek kesepakatan yang sudah lama dirajut, maka ideologi yang tepat bagi bangsa Indonesia mulai dari dulu, nanti dan seterusnya adalah pancasila.

Umat Islam menerima pancasila hanyalah sebagai dasar negara, tidak lebih dari pada itu karena umat Islam memiliki pedoman dan pandangan hidup sendiri yakni Al Qur'an dan Al- Hadist, Al - Qur'an tidak bisa disamakan atau dibandingkan apalagi diganti dengan pancasila karena pancasila bukan wahyu, akan tetapi umat Islam menjadikan pancasila sebagai cerminan seperti yang disampaikan K. H. Ahmad Siddiq (Rois AM), Orang yang boleh dikatakan konseptor utama keputusan munas 1983 dan Muktamar 1984, dalam kutipann makalahnya mengatakan "Sila Ketuhanan Yang Maha Esa" disampaikan pandangan Islam akan ke Esaan Allah, yang di kenal pula dengan sebutan Tauhid. Deklarasi ini menyimpulkan bahwa titik akhir pembahasan keagamaan ulama NU Tentang Pancasila sebagai ideologi negara, tentang wawasan kebangsaan  dan posisi Islam dalam negara-bangsa.

Indonesia hidup didalam berbagai macam keberagaman , baik itu suku, bangsa, budaya dan agama, dari kesemua itu, Indonesia berdiri dalam suatu keutuhan menjadi kesatuan dan bersatu di dalam  persatuan yang kokoh dibawah naungan pancasila dan semboyannya, Bhineka tunggal Ika, Namun sejalan dengan zaman yang semakin global, perlahan nilai kesakralan generasi penerus bangsa ini akan prinsip pancasila sebagai pembentukan moral bangsa yang di tuntutkan pejuang negara kita sejak dulu kini mulai terhapuskan, sedangkan kesadaran pemuda pemudi kini masih terpuruk dalam buaian pengaruh budaya luar. maka dari itu perlu kesadari diri generasi penerus bangsa ini untuk memperbaiki keterpurukan moral dan mewujudkan cita cita pancasila sebagai pembentuk karakter bangsa demi mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang di ridhoi Allah SWT Menuju Indonesia Emas 2045.

Sumber :

KBBI

Sugianto, Tradisi dan visi baru Islam Indonesia.

Arrahman, Radikalisme Negara terhadap agama.

Darmodiharjo,Darji dan Shidarta, Penjabaran Nilai Nilai Pancasila dalam sistem hukum Indonesia.

 Madjid Nuercholish, Islam agama peradaban, membangun makna dan relevansi doktrin Islam dalam sejarah.

 

Penulis : Rahmat Hidayat (Ketum HMI Cabang Tembilahan)

Berita Lainnya

Index